Mengenal Bahan Katun Spandex

Jenis kain spandex muncul sejak jaman perang dunia ke-II, saat itu para ilmuwan mengembangkan bahan alternatif pengganti karet seperti polyurethane dan nylon. Pada tahun 1962 Dupont berhasil membuat jenis kain yang lebih ringan, elastis dan fleksibel yang diberi nama Lycra yang saat ini populer dengan nama Spandex.

Katun spandex adalah jenis kain katun yang terdiri dari campuran bahan kain katun atau kapas dengan polyurethane. Ciri-ciri kain spandex yang paling menonjol adalah sifatnya yang lebih elastis. Kain spandex biasanya lebih tipis tetapi lebih kuat dan tahan lama dibandingkan dengan kain katun biasa. Semakin tinggi persentase spandex (polyurethane) maka pakaian jenis ini akan semakin ketat. Sehingga kain spandex ini cocok untuk pakaian olahraga seperti, pakaian renang, pakaian untuk olahraga sepeda dan kostum tari. Tidak jarang jenis kain spandex juga digunakan sebagai bahan pakaian dalam seperti kaos, bra, kaus kaki dan legging.

Keuntungan kaos dengan bahan spandex adalah dapat dipakai dalam berbagai situasi, terlebih untuk orang yang banyak bergerak. Karena kain kaos spandex nyaman dipakai meskipun kita aktif bergerak. Kebebasan dalam bergerak ini sering tidak didapati ketika kita memakai pakaian dari bahan denim atau kulit. Selain itu kaos spandex bisa lebih bisa mempertahankan bentuk aslinya sehingga lebih tahan lama dibandingkan kain lainnya.

katun-spandex

Dengan berkembangnya dunia fashion maka penggunaan kain dari bahan spandex semakin meluas. Hal ini terlihat dengan model kaos cewek, kini kebanyakan kaos cewek terbuat dari bahan katun yang dicampur dengan spandex. Perpaduan katun dengan spandex ini sangat pas untuk kaos cewek. Bahan katun memberikan kenyamanan bagi penggunanya karena sifatnya yang lembut dan dingin ketika dipakai. Perpaduan dengan spandex menghasilkan pakaian yang lebih kuat, elastis dan fleksibel. Hal ini membuat katun spandex sangat cocok untuk kaos cewek yang disainnya sering dibuat pas di badan, jatuh atau menempel ke tubuh pemakainya sehingga bisa lebih mengeksplorasi keindahan bentuk tubuh pemakai.

Dilihat dari ketahanan katun biasa tentu saja kurang tahan lama, dan kurang elastis. Sehingga dalam jangka waktu yang lama kain katun biasa akan melar. Sementara itu, kaos berbahan katun spandex akan lebih awet.

Comments

Mengenal Bahan Katun Spandex — 2 Comments